qiwong. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Halaman Kerja Microsoft Excel

Sabtu, 20 Juni 2015

Seperti janji saya di postingan sebelumnya bahwa kita akan membahas masalah Lingkungan Kerjanya Microsoft Excel, jadi pada postingan kali ini saya akan tepati janji tersebut.

Tampilan gambar di bawah ini sedikit akan membuat anda bisa memahami tentang wilayah kerja Excel, sehingga bisa membuat anda bekerja secara optimal dalam menggunakan Microsoft Excel..

Disini penulis sengaja memberi nomor agar lebih jelas keterangannya, baiklah untuk keterangan gambar tersebut bacalah petunjuk dibawah ini sesuai dengan nomor yg tertera diatas :

  1. OFFICE BUTTON : Logo Microsoft Office 2007 di kiri atas yang berisi perintah standar sperti OPEN, SAVE, PRINT, FINISH, PUBLISH, INCPECT DOCUMENT.
  2. JUDUL WINDOWS : Berada di bagian tengah paling atas yang menampilkan tulisan di Workbook yang sedang aktif.
  3. TAB MENU : Berisi sekumpulan menu yang disediakan Microsoft Office Excel untuk mempermudah pekerjaan kepada pemakainya.
  4. NOMOR BARIS : Sederet nomor vertical dari 1 Sampai 65536 
  5. SEL POINTER : Atau penujuk sel, ini penting sekali karna didalam Sel Pointer tersebut digunakan untuk memberi tahukan bahwa disitu akan dilakukan aktivitas seperti memasukan data, membuat format sel, atau melakukan perhitungan dll.
  6. RIBBON : Berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Tab Sistem Menu.
  7. BARIS FORMULA : Baris Formula (Formula Bar) menyajikan 3 informasi yaitu : Name Box, Menampilkan informasi tentang alamat atau nama dari sel atau range. Tanda Sama Dengan (=) dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki formula (Rumus dan Formasi paling kanan menampilkan isi dari suatu sel yang sedang berjalan.
  8. JUDUL KOLOM : Judul kolom (Column Heading) merupakan nama kolom yang dimulai dari huru A sampai Z kemudian sampai IV dengan total jumlah kolom sebanyak 256 kolom.
  9. TAB SHEET : Halaman Kerja untuk tampilan pertama terdiri dari 3 sheet yang disebut juga dengan worksheet (lembar kerja) sedangkan untuk beberapa worksheet disebut dengan workbook (buku kerja).
  10. GULIR HORIZONTAL & GULIR VERTICAL : Untuk melihat hasil kerja yang tidak tampak dilayar anda secara Horizontal atau Vertical.

Untuk tipe-tipe data dalam Microsoft Excel terbagi menjadi 3 bagian yaitu :
  • Formula :  Disebut juga rumus yang berisi perintah untuk melakukan suatu perhitungan mis : untuk menghitung hasil penjualan, stok barang, dll.
  • Numerik : Berisi Nomor/Angka dalam berbagai bentuk format yang biasanya di pergunakan untuk menghitung Harga Barang, Jumlah Barang, Nilai untuk Anak Sekolah, dan sebagainya.
  • Label : Sering juga disebut sebagai alfanumerik. Data tersebut hanya menerangkan data numerik dan formula. Semua huruf dan simbul dimasukkan ke dalam data bertipe label, demikian juga halnya dengan angka yang tidak akan dihitung seperti nomor telepon.
 Contoh Soal :













Pekerjaan yang sudah selesai hendaklah disimpan dan diberi nama seperti contoh berikut :


  • Klik Office Button, kemudian pilih Save
  • Tentukan drive tempat penyimpanan pada  Save in di sebelah kiri atas..
  • Beri nama pada File Name pada lingkaran yang berwarna merah.
  • Terakhir Klik Save yang juga di beri lingkaran merah, seperti gambar dibawah ini :














Demikianlah Penjelasn singkat Mengenal Halaman Kerja Microsoft Excel, Mudah-mudahan bermanfaat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut

Follow us on FaceBook

Blogroll

Most Reading